Ini Penyebab Seringnya Asam Lambung Naik Saat Puasa

Jum'at, 10 Juni 2016 - 00:30 WIB
Ini Penyebab Seringnya...
Ini Penyebab Seringnya Asam Lambung Naik Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, dr Epistel P. Simatupang mengungkapkan, gastro esophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang kerap terjadi saat puasa.

Naiknya asam lambung umumnya dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya, berbaring setelah makan. Akibatnya, ketika lambung terisi penuh, asam lambung pun mudah naik.

"Posisi berbaring saat tidur itulah yang bisa menyebabkan isi lambung, termasuk asam lambung, berbalik arah ke kerongkongan. GERD bisa menyebabkan dada terasa panas atau seperti terbakar dan sesak," papar Epistel di Siloam Hospitals Kebun Jeruk, Jakarta.

Untuk mencegah naiknya asam lambung, Epistel pun menganjurkan untuk tidak berbaring setelah makan. Berbaring akan menyebabkan terbukanya katub lambung yang memicu naiknya asam lambung. Namun jika tetap ingin berbaring, pastikan posisi Anda lebih tinggi dari lambung.

Selain itu, asam lambung juga kerap kambuh akibat terlalu banyak makan sebelum tidur malam. Epistel menambahkan, makan malam 2—3 jam sebelum tidur membuat sistem pencernaan memiliki waktu untuk mencerna makanan.

"Jenis makanan saat sahur dan berbuka puasa juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Karena itu, hindari makan berlebihan secara sekaligus saat berbuka puasa, hindari makanan berlemak tinggi, dan kopi karena bisa merangsang asam lebih banyak lagi," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)